Sunday 14 July 2013

Resep membuat Rempeyek Renyah Teri Medan Gurih

rempeyek kacang teri medan

Bosan dengan resep kue yang manis-manis, kali ini iseng mao coba bikin rempeyek kacang tanah dan rempeyek teri medan garing yang ga melempem ketika disimpan. Ya, rempeyek memang camilan yang serbaguna, dimakan langsung OK, campur nasi mantap, ditambahin ke makanan lain seperti mie, bakso, dll jg boleh.

Satu yang jadi kendala ketika membuat rempeyek kacang teri medan adalah kurang bis amendapatkan rasa yang renyah dan garing. terkadang ketika terpapar udara bebas dalam waktu tertentu, maka rempeyek menjadi melempem dan tidak renyah lagi. Nah, kuncinya ada dibawah, baca terus yaaa..


Tips 1 : Untuk membuat makanan olahan yang renyah dan garing seperti gorengan, cookies, kue kering, gunakanlah selalu TERIGU RENDAH PROTEIN. jika suka beli terigu bermerk, pastikan yang rendah protein, jika beli terigu curah dipasar yang murah, itu sudah pasti yang rendah protein. Silahkan pilih.


Tips 2 : Untuk mendapatkan hasil rempeyek yang besar, lebar, miringkan penggorengan sebelum menuang adonan ke pinggir penggorengan. Lalu kembalikan wajan ke posisi semula ketika adonan sudah dituang.


Bahan dan Bumbu Rempeyek Kacang dan rempeyek Teri Medan Renyah

100 gr teri medan yang dicuci bersih, rendam air panas, tiriskan

150 gr tepung beras

1 kuning telur

6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya dan iris tipis.

300 ml santan dari 1/2 butir kelapa

3 cm kencur

kapur sirih secukupnya (jika ada)


Bumbu Halus Rempeyek Kacang tanah dan rempeyek Ikan Teri Medan

3 butir bawang merah

2 siung bawang putih

1/2 sendok teh ketumbar

3 butir kemiri sangrai

3/4 sendok teh garam

3 cm kencur


Cara Pembuatan Rempeyek Kacang Ikan Teri Medan

1. Aduk tepung beras, bumbu yang dihaluskan, dan santan sampai merata. Tambahkan kuning telur, daun jeruk dan kapur sirih secukupnya. Aduk hingga adonan merata.

2. Ambil 1 sendok sayur adonan, tambahkan teri medan. Tuang ke sisi penggorengan yang berisi minyak yang sudah dipanaskan dalam api sedang

3. Ratakan minyak ke atas Rempeyek sampai terlepas dari sisi penggorengan. Goreng sampai berwarna coklat keemasan (Golden Brown).


Selamat mencoba membuat Rempeyek Kacang tanah dan Rempeyek Teri Medan, mudahkan?? ^^V

No comments:

Post a Comment